Pages

SEO (Search Engine Optimization)

SEO (Search Engine Optimization) atau dalam bahasa indonesia "optimisasi mesin pencari" adalah serangkaian proses yang dilakukan untuk meningkatkan kepadatan pengunjung serta qualitas traffic kunjungan melalui mesin pencari (search engine) untuk mengarah ke suatu halaman website tertentu dengan memanfaatkan algoritma yang digunakan oleh mesin pencari(search engine) tersebut.

Sebagai contoh apabila kita menginginkan suatu website/halaman website berada di posisi pertama hasil pencarian dari Google.co.id, maka hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana melakukan optimisasi terhadap halaman/website sesuai dengan algoritma yang digunakan oleh Google.co.id dalam menilai suatu halaman yang akan di tampilkan di posisi pertama hasil pencarian.

Pertanyaan yang sering muncul adalah , Mengapa perlu dilakukan optimisasi terhadap suatu website/halaman website, jawabannya kurang lebih karena dengan memiliki halaman website yang berada pada posisi pertama hasil pencarian mesin pencari(search engine), maka akan sangat besar peluang untuk mendapatkan banyak traffic/pengunjung.

Mungkin ada pertanyaan lagi, Mengapa diperlukan banyak pengunjung pada website?,
Mungkin dapat sedikit saya jelaskan alasanya :

  1. Dengan memilki posisi teratas di halaman hasil pencarian , maka pemilik website akan mudah dalam menyampaikan informasi yang dicari oleh pengguna internet di seluruh dunia.
  2. jika suatu website dimiliki oleh suatu perusahaan yang menghasilkan suatu produk, maka apabila perusahaan tersebut memiliki produk baru akan sangat mudah dipromosikan.
  3. Internet merupakan sebuah jaringan yang bersifat global, jka sebuah website berada di posisi teratas suatu halaman hasil pencarian, maka informasi apapun yang disampaikan di website tersebut akan dengan cepat sampai ketujuan.
  4. Sebuah perusahaan pemasaran yang berbasis web akan sangat mudah dalam mendapatkan pelanggan baru.

Dengan beberapa alasan diatas, maka teknik SEO (search engine optimization) akan sangat diperlukan dalam rangka mencapai tujuan tersebut. Karena begitu pentingnya SEO ini, maka di dalam dunia internet sering diadakan sebuah kontes untuk menguji pengetahuan tentang SEO, Seperti Kontes Seo Aristia WidaRukmi merupakan salah satu contoh kontes SEO yang di selenggarakan oleh Mas Adi.

Tidak ada komentar: